Wednesday 14 November 2018

tentang tower BTS ( Base Transcaiver Station )

Hasil gambar untuk komponen pada tower telekomunikasi

Apa itu Tower BTS ?? Komponen Apa Saja yang Ada di Dalam nya ??

Apa sih BTS ?? yang saya maskud disini bukan group penyanyi yang ada di korea ya  melainkan Base Transceiver Station atau disingkat BTS adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator (Wikipedia).
Lalu perangkat apa saja yang bekerja dibalik koneksi jaringan seluler, mungkin yang kalian tau antena bulet seperti gendang  tapi sebenarnya masih banyak selain itu mari kita bahas satu per satu :
Pertama kita akan bahas jenis-jenis Tower :
1.  Tower SST (Self Supporting Tower)
Tower ini ada 2 Jenis yaitu :
  • Tower Kaki 4

  • Tower Triangle

2.  Tower Monopole

3. Tower Combat


Perangkat Pada BTS 
1.  KWH Panel
KWH Panel berfungsi sebagai sumber kelistrikan dari PLN yang bertegangan AC sebelum nantinya akan di rubah menjadi tegangan DC
2. Shelter

Shelter biasanya beradi dibawah tower berbentuk seperti rumah yang berfungsi untuk melindungi peralatan telekomunikasi seperti RBS Indoor, namun sekarang ini jarang di temui Shelter karena sekarang lebih efisien menggunakan RBS outdoor tapi biasanya Shelter digunakan pada tower HUB site yang mana tower tersebut sebagai tower pengubung dan pastinya akan banyak traffic dan banyak peralatan yang dibutuhkan,
3. Baterai
Mungkin definisi baterai banyak yang sudah tau yaitu sebagai backup power apabila listrik PLN padam biasanya dapat bertahan selama 3-4 jam design system tersebut.
4. Rectifier System

Rectifier merupakan sebuah module yang berfungsi untuk merubah tegangan PLN 220 Volt AC menjadi tegangan DC karena untuk perangkat telekomunikasi menggunakan tegangan DC (48 VDC)
5. RBS (Radio Base Station)

RBS digunakan untuk menyimpan perangkat atau module yang digunakan untuk mengolah data nantinya. RBS ada 2 jenis yaitu RBS Indoor dan Outdoor
6. RRU (Radio Remote Unit)

Berfungsi sebagai radio yang akan merubah data menjadi sinyal yang nantinya akan disalurkan melalui antena sektoral, RRU memiliki beberapa jenis dan frekuensi masing-masing
  • RRU 900 (GSM)
  • RRU 1800 (DCS /LTE)
  • RRU 2100 (UMTS/3G)
  • dll
7.  Antena Sektoral 
Dari namanya saja kita tidak asing jelas antena ini digunakan untuk memancarkan sinyal sebagai penghubung antara device ke BTS. Antena sektoral ini memiliki beberaa jenis yaitu :
  • Single Band (2 Port)
  • Dual Band (4 Port)
  • Tri Band ( 6 Port)
  • Quad Band (8 Port)
  • Penta Band ( 10 Port)
Pada antena generasi 1,2,3 untuk elektrik tilting masih manual, tapi untuk antena generasi 4 dan 5 sudah memakai RET (Remote Electrical Tilting).
8. Antena Microwave

Antena ini yang biasa kalian liat berbentu seperti gendang yang fungsinya sebagai penghubung antar BTS ataupun penghubung dari BTS ke BSC biasa di sebut sebagai antena link/transmisi . antena ini memiliki ukuran diameter yang beragam dan frekuensi masing masing seperti yang paling kecil 0.2m, 0.3m, 0.6m, 0.9m, 1.2m, 1.8m, 2.7m, 3.0m sampai yang terbesar dengan diameter 3.7m yang biasanya digunakan untuk backbone antar pulau atau provinsi.
Antena Microwave tidak dapat berjalan tanpa adanya radio atau biasa disebut ODU (Outdoor Unit) yang terletak tepat di belakang antena MW dan IDU (Indoor Unit) yang terletak dibawah seberti RBS.












No comments:

Post a Comment