Wednesday 14 November 2018

komponen tower BTS

Perlu Anda ketahui, komponen tower BTS beserta fungsi-fungsinya - kali ini saya akan sharing sedikit informasi tentang tower BTS. Pasti kawan2 bingung apa itu tower BTS? Dan apa saja komponen penyusunnya?.


Pengertian BTS - BTS adalah kependekan dari Base Transceiver Station. Terminologi ini termasuk baru dan mulai populer di era booming seluler saat ini. BTS berfungsi menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan menuju jaringan lain. Satu cakupan pancaran BTS dapat disebut Cell.
Tower BTS ini merupakan tower 4 kaki yang sangat jarang dijumpai roboh karena memiliki kekuatan tiang pancang serta sudah dipertimbangkan konstruksinya. Tower ini mampu menampung banyak antena dan radio.Tipe tower ini banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan bisnis komunikasi dan informatika yang bonafid.

Berikut ini beberapa komponen tower BTS beserta Fungsi-Fungsi Pada Perangkat Tower  BTS tersebut, diantaranya yaitu :

1. Shelter
Shelter berada di samping tower,shelter berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan equipment.

2. RECTIFIER SYSTEM
Rectifier System berfungsi sebagai pengubah tegangan dari PLN 220/380 Volt AC (Alternative Current)menjadi Tegangan DC (Direct Current) untuk di suplai ke komponen BTS.

3. Baterai
Baterai Berfungsi sebagai backup power ke BTS apabila Listrik dari PLN sedang Padam.Biasanya bisa bertahan sampai 3-4 Jam, tergantung dari Ampere Hour (mAh/Ah) baterai dan Design systemnya itu sendiri.

4. MICROWAVE SYSTEM
Microwave system terdiri atas Indoor unit dan Outdoor unit.
a). Indoor unit berada di dalam shelter memiliki port E1 yang dikoneksikan ke Port E1 BTS melalui DDF.Indoor unit juga mendapat suplai tegangan DC dari rectifier yang sama, sedangkan
b). Outdoor Unit menempel pada Antenna Microwave.
Indoor Unit dan Outdoor unit terhubung menggunakan Coaxial Cable.

5. ANTENA SECTORAL
Antena Sectoral berbentuk persegi panjang, letaknya di bagian paling atas menara tower dengan ketinggian tertentu dan berfungsi sebagai penghubung antara BTS dan Handphone, ada dua type antena sectoral nih gansis, yaitu Monotype, biasa dipakai untuk daerah Rural dan Sub-Urban dan Dual type untuk daerah Urban(daerah yang padat penduduk).

6. Antena microwave
Antena Microwave bentuknya mirip kaya gendang rebana yang fungsinya untuk menerima atau memancarkan gelombang radio dari BTS ke BSC atau dari BTS ke BTS yang lainnya.

7. Feeder
Sekilas nampak seperti kabel besar, sebagai media rambatan gelombang radio antara BTS dan Antenna Sector. Ukuran ada yang 7/8, 1-5/8 atau ½.

8. Tower sentral
Tower beserta system pentanahannya sebagai media penempatan/penginstalan antena-antena dan feeder.

9. Antena OMNI
Antenna Omni directional di rancang untuk memberikan servis dalam radius 360 derajat dari titik lokasi. Sangat cocok untuk Akses Point untuk memberikan servis bagi WARNET sekitarnya dalam jarak dekat 1-4 km -an. Antenna jenis ini biasanya mempunyai Gain rendah 3-10 dBi.Potongan medan vertikal memperlihatkan penampang yang medan yang sangat tipis pada sumbu vertikal. Hal ini berarti hanya statiun-stasiun yang berada di muka antenna saja yang akan memperoleh sinyal yang kuat, stasiun yang berada di atas antenna akan sulit memperoleh sinyal.

10. Dynaspere
Dynaspere berfungsi untuk perlindungan sambaran petir secara langsung.

11. Site Guard atau Landlord
 yaitu orang yang bertugas merawat dan membersihkan lokasi BTS.

Mungkin hanya segitu yang dapat dituturkan, semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi semua orang...amin yaa rabb

No comments:

Post a Comment